Kamis, 13 September 2012

LIMA ALTERNATIF OBAT MASUK ANGIN

Apa alternatif obat masuk angin yang efektif selain obat-obatan kimia dan ‘kerokan’? Tidak harus mengkonsumsi obat jika kita mengalami masuk angin. Berikut ini terdapat beberapa alternatif obat masuk angin versi Esquirer Indonesia :
Sup Ayam
Sup yang bagaimana? Hangat, atau dingin? Tentu saja sup yang masih hangat ya... Mengapa bisa begitu? Para peneliti dari Nebraska University menemukan bahwa sup berguna sebagai anti radang yang meredakan gejala masuk angin. Jadi, ketika rasa tidak enak sudah muncul karena masuk angin, segeralah sajikan semangkuk sup hangat sebagai peredanya.

Bawang Putih
Ternyata rempah yang satu ini lumayan ampuh untuk mengusir gejala masuk angin. Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang terbukti berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Selain itu, bawang putih juga berfungsi sebagai penghangat tubuh.

Jus Jeruk
Buah jeruk sangat kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan, jadi cobalah minum jus jeruk saat masuk angin. Namun, apa hubungannya masuk angin dengan antioksidan? Vitamin C merupakan antioksidan alami yang membantu tubuh melawan infeksi, sehingga sel-sel tubuh akan lebih tahan terhadap serangan beberapa jenis bakteri / radikal bebas. Dengan demikian ketahanan tubuh akan tetap terjaga.

Teh Peppermint
Peppermint mempunyai berbagai fungsi diantaranya sebagai dekongestan (pereda hidung tersumbat), ekspektoran (pereda batuk berdahak), dan antivirus yang dapat meredakan nyeri tenggorokan dan 
melegakan batuk. Teh peppermint sangat baik untuk  menghangatkan tubuh saat masuk angin.

Jahe
Rempah dari akar ini sudah lama disebut-sebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari mual dan artristis sampai infeksi saluran nafas atas. Jahe juga sangat ampuh untuk menghangatkan tubuh saat masuk angin. Namun, penderita maag atau penderita keluhan lambung harus berhati-hati dengan jahe. Alih-alih menyembuhkan masuk angin, jahe bisa membuat iritasi lambung jadi tambah parah. Jadi, berhati-hatilah dan cermatlah dalam memilih.

Nah, jika Anda mengalami masuk angin, tidak perlu buru-buru membeli obat-obatan kimia untuk meredakaknnya. Lima bahan makanan segar diatas dapat menjadi alternatif yang ampuh untk mengusir masuk angin yang kerap mengganggu aktivitas kita. Selamat mencoba ^_^

(berbagai sumber)

3 komentar: