Rabu, 05 September 2012

MAKANAN SUPER UNTUK OTAK


Otak merupakan salah satu bagian terpenting dari tubuh yang menjadi pusat dari semua aktivitas manusia. Oleh karena itu, otak memerlukan asupan makanan sehat untuk membuatnya bekerja optimal. Lalu, apa saja zat penting yang berperan besar dalam memelihara kesehatan otak kita? Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang berguna bagi kesehatan otak.
Asam Lemak Omega 3
Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 mampu mengontrol depresi dan stres. Selain itu, makanan yang kaya akan omega 3 juga sangat dianjurkan bagi siapa pun yang ingin memiliki memori dan konsentrasi yang tajam. Zat ini banyak terkandung dalam bahan makanan seperti minyak ikan, minyak zaitun, bawang putih, ikan tuna, kalkun, salmon, telur, nasi, sereal, dan pasta.
Vitamin B Kompleks
Kelompok vitamin B kompleks terdiri dari delapan vitamin berbeda yaitu vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (pantothenic acid), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (folat), dan B12 (kobalamin). Perbanyaklah mengkonsumsi makanan atau multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks yang membantu meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini membantu tubuh mengkonversi kolin, yaitu asam amino yang ditemukan dalam sumber makanan menjadi asetilkolin, yaitu neurotransmiter kimia yang membantu dalam memori dan proses belajar. Salah satunya adalah tiamin yang sangat bagus untuk siapa pun yang berusaha untuk meningkatkan daya ingat.Vitamin B kompleks ini banyak terdapat dalam kentang, brokoli, bayam, jamur, pisang, melon, rumput laut, kacang kedelai, telur dan kacang almond.
Gandum Utuh
Beberapa makanan olahan dari gandum utuh antara lain roti gandum, oatmeal, beras merah, dan millet merupakan makanan sumber energi utama untuk tubuh dan otak. Makanan ini bekerja dengan cara meningkatkan aliran darah ke otak yang berarti menunjang kualitas dan kuantitas fungsi otak.
Karbohidrat
Jangan salah, ternyata otak kita juga perlu asupan karbohidrat yang cukup untuk tetap dapat bekerja optimal. Tubuh mengubah karbohidrat kompleks dalam makanan menjadi glukosa, kemudian tubuh akan menggunakannya sebagai bahan bakar untuk meningkatkan kewaspadaan, fungsi memori dan konsentrasi. Beberapa makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks antara lain beras merah, apel, pisang, kismis, biji-bijian, dan kecambah.
Setelah mengetahui beragam makanan yang penting untuk otak kita, maka jangan ragu untuk selalu mengkonsumsi dan menyimpannya dalam dapur dan lemari es anda, let's start feed the brain ! ^_^
(berbagai sumber)

1 komentar: